Efek Samping Obat yang Terbilang Aneh


Efek samping obat yang diketahui masyarakat adalah mual, muntah, pusing atau jantung berdebar-debar. Tapi ada beberapa efek samping dari obat yang terbilang cukup aneh. Sebagian besar masyarakat akan mengonsumsi obat yang memang sudah diresepkan oleh dokter. Jika semuanya berjalan lancar, maka obat akan bekerja sebagaimana yang seharusnya. Tapi pada beberapa orang tertentu terkadang obat yang diminum menimbulkan efek samping, baik atau buruknya efek samping yang timbul tergantung pada bagaimana obat tersebut digunakan.

Ada beberapa efek samping dari obat yang terbilang aneh atau berbeda dari efek smaping yang biasa terjadi, yaitu:

Amnesia.
Kondisi ini terjadi jika seseorang secara tiba-tiba tidak ingat siapa dirnya atau darimana ia berasal. Biasanya amnesia yang terjadi akibat efek samping obat bukanlah amnesia total tapi kehilangan memori jangka pendeknya. Obat lai adalah statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol. Beberapa peneliti berteori bahwa statin dapat menghalangi pembentukan kolesterol yang diperlukan untuk saraf.

Gangguan penglihatan dan indera lainnya.

Beberapa obat yang diminum terkadang menimbulkan rasa pahit di mulut, tapi jika obat tersebut meninggalkan rasa yang buruk atau bisa mendistorsi indera perasa maka ada kemungkinan hal tersebut akibat efek samping dari obat yang diminum. Salah satu obat yang bisa mempengaruhi fungsi indera seseorang adalah vasotec (dengan nama generik enalapril) yang digunakan untuk mengobati darah tinggi dan gagal jantung kongestif. Obat ini bisa mempengaruhi kelima indera seperti mengurangi rasa penciuman (anosmia), mengganggu pendengaran (tinnitus) dan masalah mata seperti gangguan penglihatan dan mata kering.

Rasa nyeri dan sakit.
Beberapa obat memang ada yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri di tubuh, tapi ada obat yang tidak berhubungan dengan nyeri justru menimbulkan rasa sakit. Orang-orang yang mengonsumsi antihistamin Allegra (dengan nama generik fexofenadine) untuk menghilangkan demam dan gejala alergi lain, ada kemungkinan mengalami rasa sakit otot dan sakit punggung.

Perubahan warna urine.

Warna urine memang bisa menunjukkan adanya hal yang tidak beres dengan tubuh, misalnya ada infeksi atau keracunan zat besi. Jika urine berwarna hitam ada kemungkinan efek samping akibat mengonsumsi obat flagyl, furazolidone atau antibiotik lainnya.

Halusinasi

Kondisi ini terjadi jika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang tidak benar-benar ada, halusinasi yang terjadi bisa berupa visual atau auditori. Beberapa obat yang bisa menyebabkan halusinasi adalah mirapex dan lariam (dengan nama generik mefloquine) yang diciptakan untuk mencegah atau mengobati malaria di Angkatan Darat AS.



Kategori Berita Kesehatan, Hidup Sehat, Info Obat, Info Sehat :: Kata Kunci: , , 0 Komentar